Self Motivation

Self motivation, sebuah terminologi yg  biasa digunakan dalam ke-HRD-an. Sebuah kata kunci yg biasa muncul dalam iklan-iklan lowongan kerja ataupun training/pelatihan utk memperbaiki mutu/kualitas diri sendiri.

Mampu memotivasi diri sendiri utk mencapai tujuan atau menyelesaikan tugas, tanpa harus didorong atau dipaksa oleh pihak lain, ini adalah definisi versi saya pribadi.

Jujur, saya bukanlah tipe orang seperti itu. Dalam banyak kasus, saya masih harus dipecut bahkan diancam untuk bisa selesaikan sebuah tugas (dari orang lain) atau bahkan untuk menuntaskan rencana pribadi saya.

Tantangan bagi saya, bagaimana agar “pecutan” atau “ancaman” itu muncul secara otomatis dan tidak perlu hadirnya pihak lain.

 

2 thoughts on “Self Motivation

Leave a Reply

